FAQ

KGX
Apa itu KGX ?

KGX adalah brand utama dari PT Sirkulasi Kompas Gramedia, sebuah unit bisnis dari Kompas Gramedia yang fokus bergerak di penyediaan jasa pengiriman dan logistik.

Apa itu KGXpress ?

KGXpress adalah layanan KGX dalam pengiriman Ekspres mulai dari first mile hingga last mile.

Apa itu KGXpress Point?

KGXpress Point merupakan Point of Sales berbasis waralaba dengan menjangkau pelanggan secara langsung yang tersebar di seluruh Indonesia.

Apa itu KGX Logistics ?

KGX Logistics adalah layanan yang menyediakan pengiriman dengan berbagai jenis armada truk, penyewaan gudang penyimpanan, dan pemenuhan kebutuhan project logistic.

Layanan KGX
Apa Saja Layanan KGXpress?

Layanan KGXpress meliputi SDS (Same Day Service), ODS (One Day Service), REG (Regular), ECO (Economy), dan EDS (Export Delivery Service)

Apa yang membedakan dari masing-masing layanan ?

Pada dasarnya, yang membedakan setiap jenis layanan tersebut adalah jarak pengiriman. Untuk informasi lengkapnya dapat dilihat di sini

Pengiriman & Asuransi
Bagaimana cara mengetahui status pengiriman paket?

Untuk melacak status terkini proses pengiriman paket dapat dilakukan eksklusif di website www.kgx.co.id dengan memasukkan nomor resi Anda pada fitur Lacak Paket Klik disini

Berapa lama waktu pengiriman yang dibutuhkan untuk sampai tujuan?

Estimasi pengiriman ke masing-masing kota tujuan dapat dilihat di website www.kgx.co.id dengan mengisi kota asal dan kota tujuan pengiriman pada fitur Cek Harga. Cek Harga disini

Apakah ada asuransi pengiriman ?

Ada. Semua barang yang dikirimkan oleh KGX secara otomatis terdaftar dalam asuransi Carrier

Nilai pertanggungan maksimal untuk AWB tanpa asuransi tambahan, 10 (sepuluh) kali biaya transportasi dengan maksimum Rp 1.000.000 (dibayarkan dengan nilai terendah)/ AWB/ Kejadian untuk semua kategori pengiriman, kecuali untuk produk-produk yang dilarang (prohibited items) dengan deduction rate 5% per klaim per kejadian

Cakupan Klaim, untuk jenis Asuransi Tambahan, Maksimum pertanggungan Rp 100.000.000 dengan deduction rate sebesar 0.1%  dari total penggantian

Bagaimana cara klaim asurasi pengiriman ?

Pelanggan mengajukan keluhan lebih dari 2 hari kerja untuk kehilangan sebagian atau rusak, dan lebih dari 30 (tiga puluh) hari kerja setelah tanggal yang tertera di salinan AWB/resi pengirim.

Apa saja klaim yang akan diganti ?

Klaim yang akan diganti adalah harga barang yang ada di invoice dan pajak terhadap barang tidak dapat diganti/klaim

Harga dan Biaya
Berapa ongkos kirim paket ke berbagai daerah ?

Untuk mengetahui detail tarif pengiriman, Anda dapat mengakses melalui fitur Cek Harga 

Bagaimana cara menghitung ongkos kirim ?

Tarif pengiriman dihitung berdasarkan berat actual barang (setelah ditimbang) atau menggunakan berat volumetric (dipilih nilai berat yang lebih besar) dikalikan biaya pengiriman.

Bagaimana cara menghitung berat volumetric untuk layanan SDS/ODS/REG ?

Cara menghitung berat volumetric menggunakan rumus sebagai berikut:

P (cm) x L (cm) x T (cm) : 6000 = total berat (kg).

Bagaimana cara menghitung berat volumetric untuk layanan ECO?

Cara menghitung berat volumetric menggunakan rumus sebagai berikut:

P (cm) x L (cm) x T (cm) : 4000 = total berat (kg).

Bagaimana cara menghitung biaya asuransi?

Besaran biaya asuransi pengiriman adalah 0,1‰ dari nilai barang yang dikirim. 

 

 

Lainnya
Apakah bisa request pick up barang tanpa harus ke KGXpress Point?

Bisa. Silakan hubungi KGX Care untuk syarat dan ketentuan pick up barang.

Apakah bisa minta tambahan packing?

Bisa. Silakan request ke Petugas KGXpress Point bila ingin tambahan packing menggunakan kayu untuk menambah perlindungan pada paket khususnya jenis barang yang rentan rusak atau pecah.

 

Di mana saja lokasi KGXpress Point?

KGXpress Point tersebar di kota-kota besar di Indonesia yang akan bertambah terus jumlahnya. Anda dapat mengetahui lokasi KGXpress Point dengan lengkap pada bagian KGXpress Point di fitur Layanan (hyperlink ke KGXpress Point)

Apakah bisa mengirimkan sepeda motor?

Bisa. KGXpress melayani pengiriman sepeda motor berukuran 125 cc hingga lebih dari 150 cc.

Bagaimana cara bergabung menjadi Mitra KGXpress Point?

Setelah memenuhi Syarat dan Ketentuan menjadi Mitra KGXpress Point, Anda bisa langsung mengisi form pendaftaran di sini

Apa keuntungan menjadi mitra KGXpress Point?

Dengan biaya investasi yang murah, Anda dapat membuka peluang usaha dengan kemudahan mendapatkan pelanggan dan mendapatkan bagian komisi penjualan sebesar 20%

Apabila ada keluhan, kritik, maupun saran tentang pelayanan KGX, saya bisa menghubungi siapa?

Silakan hubungi KGX Care

melalui telepon di nomor (021) 530 9100,

via chat Whatsapp: 0813 7000 9100 atau

via live chat di website KGX.

Tim KGX Care senantiasa akan melayani Anda.