01 Mar

Jangan Sembarangan Belanja Online!


Dalam momen-momen tertentu, biasanya toko maupun supermarket banyak mengumumkan SALE-nya. Hal ini akan selalu memicu ramainya mereka didatangi pengunjung, bahkan hingga berdesakan. Faktor inilah yang seringkali menjadi pertimbangan mengapa kita lebih memilih melakukan pembelian secara online, atau biasa disingkat "belanja online".

Namun sebaiknya jangan sembarangan belanja online karena internet rentan sekali dengan cyber crime atau kejahatan dunia maya. Sebelum melakukannya, sebaiknya ketahui dahulu cara belanja online yang aman.

Berikut ini kami bagikan 7 tips aman belanja online:

Tips #1 - Pastikan Koneksi Internet Anda Aman

Meskipun praktis untuk browsing melalui wifi publik, kebenarannya adalah bahwa jaringan ini tidak boleh terlalu diandalkan. Peretas dan penjahat dunia maya dapat dengan mudah paket informasi yang dikirimkan melalui koneksi publik. Karenanya, dalam melakukan pembelian atau transaksi yang mentransfer informasi pribadi, kami menyarankan Anda melalui jaringan internet yang aman. Misalnya wifi atau koneksi internet pribadi yang hanya dipakai Anda sendiri saja.

Tips #2 - Perbarui dan Lindungi Keamanan Komputer

Jangan sepelekan proses saat mentransfer informasi pribadi ketika belanja online. Terlebih dahulu harus memastikan keamanan komputer, telah diperbarui, dan dilengkapi produk antivirus yang baik.

Tips #3 - Beli di Website Terkenal dan Selalu Update

Jangan mudah tergiur diskon atau berbagai penawaran menarik. Berpikir kritislah kepada website atau online shop yang memberi penawaran tersebut. Periksa bahwa URL situs web sesuai dengan yang Anda pikirkan, dan alamatnya dimulai dengan https. Belanja online di website tepercaya dapat menghindarkan Anda dari pencurian identitas atau data.

Tips #4 - Hindari Link di Email dan Iklan Website

Email blast dan iklan click bait di website merupakan alat yang paling banyak digunakan oleh penjahat cyber. Maka seperti poin sebelumnya, kritislah juga terhadap penawaran belanja online yang terasa sangat menggiurkan di email yang baru saja Anda terima maupun iklan-iklan di suatu website.

Tips #5 - Selalu Cek Transaksi Kartu Kredit secara Periodik

Setelah bertransaksi belanja online, selalu periksa bahwa semua biaya pada akun Anda telah diketahui dan terkendali. Jika menemukan transaksi mencurigakan, segera hubungi bank terkait. Kemungkinan besar Anda telah menjadi korban pencurian identitas.

Selamat belanja online yang aman ya fams!

Tinggalkan Komentar

*