25 Mar

Mengenal Barang Terlarang (Prohibited Items)


Dari sekian banyak barang kiriman, ada kategori barang berbahaya jika dikirimkan melalui jalur udara (Dangerous Goods) sesuai UU no. 01 tahun 2009 tentang Penerbangan pasal 136 ayat 4. Barang-barang tersebut dapat menyebabkan kerusakan lingkungan dan keselamatan penerbangan.

Ingin tahu apa saja jenis barangnya? Mari kenali beberapa barang terlarang tersebut di sini.

1. Explosive goods (REX)

Jenis barang ini dianggap berbahaya karena mudah meledak. Yang termasuk barang jenis ini antara lain bom, mesiu, peluru, petasan, dan kembang api.

2. Gas yang dimampatkan, dicairkan, atau dilarutkan dengan tekanan

Barang yang masuk dalam jenis ini adalah barang yang mudah terbakar jika ditekan (compressed deeply refrigerated) atau mudah menguap seperti butane, hydrogen, propane, acetylene, dan korek api gas.

3. Flammable Liquids (RFL)

Barang yang masuk dalam jenis ini adalah barang-barang yang bersifat cair dan mudah terbakar. Misalnya, alcohol, thiner, solar, dan bensin.

4. Flammable Solids (RFS)

Barang yang masuk dalam jenis ini adalah benda padat dan mudah terbakar melalui gesekan dengan benda sekitar. Misalnya, korek api, sulfur, dan celluloid.

5. Oxidizing Substances (ROX) & Organic Peroxide

Barang yang dimaksud adalah barang-barang yang mudah menguap, dan jika dihirup manusia dapat menyebabkan pusing atau mengantuk. Termasuk juga barang yang menghasilkan O2 yang daoat mengakibatkan kebarakaran (oxidizing substances). Misalnya, ammonium, nitrate, fertilizer, calcium chiorate, dan bleaches.

6. Toxic (RPB) & Infectious Substances (RIS)

Barang yang termasuk ke dalam jenis ini adalah barang yang mengandung racun dan mudah menular (toxicand infectious substance), menyebabkan cedera atau iritasi jika terkena kulit. Misalnya, sianida, arsenik, pestisida, virus hidup, dan bakteri hidup. Barang ini sangat berbahaya bagi manusia dan benda yang ada di sekitarnya.

Tinggalkan Komentar

*