27 Jul

Apa Itu Hub?


Hai, Fams!

Kita semua tentu tahu jika dalam dunia transportasi, terdapat aktivitas transit di terminal, stasiun, maupun bandara, sebagai tempat singgah sementara sebelum menuju ke destinasi tujuan. Pada dunia logistik pun ada satu tempat yang di dalamnya terjadi aktivitas transit barang atau persinggahan barang.

Tempat tersebut adalah Hub, yaitu tempat transit untuk dilakukan proses ukur, timbang, input data, dan pemilah-milahan barang yang akan dikirimkan ke alamat tujuan.

Paket yang kamu kirim pasti akan melalui Hub kotamu terlebih dahulu sebelum dikirim ke alamat tujuan di luar kota. Begitu pun sebelum paket tersebut diterima di alamat tujuan, akan melalui Hub yang ada di kota tersebut untuk melalui serangkaian proses pemeriksaan dan pendataan dalam pengiriman.

Adapun rangkaian aktivitas yang ada di dalam Hub, adalah:

  1. Pick up ke Customer

Proses ini dilakukan oleh kurir untuk menjemput barangmu. Jadi, selain datang langsung ke outlet, pelanggan juga bisa request pick up paket dan nanti kurir akan datang ke rumahmu untuk mengambil paket. Setelah itu, paket akan di bawa ke Hub untuk proses selanjutnya.

  1. Inbound

Proses inbound pada Hub ditandai dengan masuknya barang dari kurir, yang kemudian dilakukan proses input data dan pemilahan barang untuk memudahkan proses pengiriman sesuai dengan alamat tujuan.

  1. Outbound

Proses outbound pada Hub dapat berupa dua hal berikut:

  1. Proses outbound to sortation, yaitu barang yang sudah melalui serangkaian proses pengukuran, penimbangan, input data, dan pemilahan, selanjutnya akan diproses ke sortation, atau
  2. Proses pengantaran barang oleh kurir dari Hub kota tujuan menuju alamat penerima

Saat ini, KGXpress sudah memiliki lebih dari dua puluh Hub yang tersebar di seluruh Indonesia. Mulai dari Medan hingga Makassar.

 

Tinggalkan Komentar

*