08 Sep

Promo 9.9, Ini Yang Harus Dilakukan Seller


Seiring maraknya bisnis online, makin banyak strategi yang dilakukan oleh para pebisnis online untuk meningkatkan penjualan pada tokonya. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan Flash Sale. Nah, istilah flash sale ini tentu sudah tidak asing lagi bagi kita yang sering membeli barang melalui online shop atau marketplace.

Flash sale merupakan sistem penjualan yang memberikan penawaran harga rendah atau potongan harga dan hanya dilakukan selama periode waktu tertentu.

Flash sale dapat menjadi salah satu strategi yang efektif untuk menghabiskan stok barang dengan cepat, termasuk  untuk menjual produk yang tidak bisa dijual terlalu lama. Hal ini akan menekan biaya operasional toko.

Nah, untuk meningkatkan penjualan di toko, apa aja nih yang perlu kita lakukan sebagai penjual dalam memanfaatkan momen flash sale ini? Simak artikel dari mimin ini ya.

     1. Pilih produk utama yang banyak diminati

Sebelum memutuskan mengikuti promo 9.9, tentukan dulu, nih, Fams, produk-produk apa saja yang akan kamu sertakan. Pilih produk yang favorit atau paling banyak dicari. Hal tersebut agar toko online kita menjadi semakin diminati calon pembeli karena mampu menyediakan produk yang mereka inginkan.

 

     2. Pilih juga produk pendamping sebagai pilihan

Selain produk utama yang banyak diminati pelanggan, pilih juga produk pendamping lainnya sebagai pilihan bagi calon pembeli. Produk yang bisa dijual sebagai pilihan seperti produk yang sudah lama berada di gudang kita namun tetap terjaga kualitasnya, atau produk pelengkap dari produk utama yang kita jual. Misal, produk utama yang kita jual adalah sebuah handphone, maka produk pendampingnya bisa berupa casing handphone atau earphone.

Dengan begitu, calon pembeli tidak hanya berfokus pada produk handphone yang akan dibeli, tetapi juga akan menambah pembeliannya dengan membeli casing atau earphone tersebut.

 

     3. Buat paket bundling produk

Cara lain meningkatkan penjualan pada momen flash sale adalah dengan menyediakan paket bundling produk. Seperti beli 2 gratis 1 atau dengan menyertakan produk pendukung pada paket pembelian produk utama. Alih-alih menjual sabun cuci piring dan spons secara terpisah, coba jual sabun cuci piring sekaligus spons dalam satu paket pembelian dengan harga yang sesuai. Calon pembeli akan berpikir bahwa paket penjualan ini lebih praktis karena produk dapat langsung digunakan.

 

     4. Tentukan harga produk setelah diskon

Pembeli tentu sangat ingin mendapatkan barang yang mereka incar dengan harga murah. Sebagai penjual, tentu kita harus menetapkan harga jual yang kompetitif dengan perhitungan yang matang, ya, Fams.

Jangan sampai demi menarik pembeli pada toko kita, justru kita tidak mendapatkan keuntungan dari produk yang kita jual. Salah satu cara agar kita bisa menjual produk dengan harga murah dengan tetap mendapat untung adalah mencari supplier yang tepat pada produk kita.

 

     5. Siapkan stok produk

Pada momen flash sale termasuk promo 9.9, calon pembeli biasanya membeli barang dalam jumlah banyak. Maka perlu disiapkan jumlah stok produk yang cukup. Lakukan analisis berdasarkan penjualan sebelumnya, sehingga kita dapat menyediakan jumlah produk yang akan dijual.

 

     6. Pilih ekspedisi yang menyediakan diskon ongkir

Memilih ekspedisi bagian yang tak kalah penting. Selain penjual, yang memanfaatkan momen flash sale ini adalah jasa ekspedisi, Mereka paham bahwa momen ini banyak masyarakat yang berbelanja online sehingga butuh jasa ekspedisi yang mampu mengantarkan barang belanjaan customer. Sebagai penjual, kita harus memilih kira-kira ekspedisi mana yang menyediakan promo atau diskon pengiriman, sehingga menjadi tambahan daya tarik bagi pembeli. Tentunya bukan sembarang ekspedisi, pilih juga yang reputasinya bagus dan sudah banyak terbukti aman, baik, dan cepat dalam proses pengirimannya. Salah satunya dengan memanfaatkan Promo Kongkrit 1 Daylivery (Sehari sampai) dari KGX.

 

     7. Iklankan produk di berbagai platform media sosial

Setelah semua produk Flash Sale sudah siap, jangan lupa sebarkan informasinya ke media sosial ya, Fams. Bisa menggunakan akun pribadimu atau bisa juga pakai akun toko online kamu.

Tujuannya adalah semakin banyak pengikut akun kita yang mengetahui informasi bahwa toko online kita sedang melakukan promo pada beberapa produk yang dijual. Jangan lupa untuk mencantumkan informasi lengkap seperti periode promo, deskripsi produk, dan tak ketinggalan harga setelah didiskon ya.

Maka flash sale adalah salah satu strategi penjualan yang tepat untuk meningkatkan omzet dan supaya toko online kita lebih banyak menjangkau pelanggan baru, dengan tetap menjaga pelanggan lama yang sering melakukan pemesanan berulang (repeat order).

Tinggalkan Komentar

*