19 Oct

UMKM Go Digital


Go Digital merupakan salah satu solusi untuk pelaku usaha agar selamat dari jurang pandemi Covid-19. Bentuknya adalah berjualan melalui marketplace, sehingga jangkauan pembeli lebih luas dan meningkatkan penjualan. Apalagi saat ini banyak masyarakat yang membatasi kegiatan mobilitas dan melakukan berbagai aktivitas dari rumah, termasuk belanja. Banyak pedagang-pedagang yang awalnya hanya berjualan secara offline di toko-toko yang disewa, kini mulai beralih ke online shop.

Melansir kompas.com, survei SEA Group mengatakan bahwa platform digital dapat membantu meningkatkan pendapatan hingga 160%. Belum lagi, pelaku usaha dapat meminimalisir anggaran, sebab marketplace membuat biaya operasional berkurang dan bisa bekerja secara fleksibel.

Pemerintah saat ini tengah gencar melakukan kampanye program Bangga Buatan Indonesia (BBI) untuk mendorong Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mulai merambah ke digital. Melalui program ini ditargetkan 2 juta UMKM beralih ke digital pada 2020. Ternyata hasilnya melampaui target, karena terhitung akhir Desember 2020 tercatat sudah 3,8 juta UMKM yang memasuki ekosistem digital. Bahkan, per Maret 2021, jumlah UMKM yang sudah Go Digital terus meningkat menjadi 4,8 juta.

Menteri Koperasi UKM Teten Masduki menyebut perlu ada 6 juta UMKM Go Digital per tahun, sehingga pada 2024 ditargetkan aka nada 30 juta UMKM Digital. Menurutnya, digitalisasi UMKM ini untuk meningkatkan dan mengembangkan inovasi bagi pelaku usaha dalam negeri dalam bersaing dengan produk luar negeri.

“Kebanyakan kan mikro. Kalau kecil menengah satu juta, yang mikronya 96%. Mikro ini ada kaitan kapasitas terbatas, produk tidak memiliki daya saing butuh kurasi, agregasi. Mungkin lebih banyak di medsos. Sudah banyak aplikasi yang bisa membantu jualan di media sosial, distribusi pembayaran, logistik, dan sistem,” tutur dia.

Maka dari itu, maraknya tren belanja online selama pandemi Covid-19 ini diyakini dapat meningkatkan jumlah UMKM yang merambah ekosistem digital.

 

 

Tinggalkan Komentar

*