28 Apr

Kerja Sama Multimedia Nusantara Polytechnic Dan KGX Perkuat Industri Logistik Indonesia


Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP) menjalin kerja sama dengan salah satu unit usaha logistik milik Kompas Gramedia, PT Sirkulasi Kompas Gramedia (KGX). Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama yang berlangsung pada 26 April 2022 di Kampus MNP, Gading Serpong, Tangerang.

Kerja sama ini dapat menjadi sinergi institusi pendidikan dan industri yang mampu mengoptimasi proses logistik di Indonesia. Berdasarkan data yang dipaparkan oleh Presiden Joko Widodo, biaya logistik di Indonesia masih jauh tertinggal. Rata-rata biaya logistik negara-negara ASEAN bahkan hanya 12%, sementara Indonesia biayanya hingga 23.% total harga barang. Hal ini diakibatkan oleh inefisiensi yang terjadi dalam pendistribusian barang atau produk-produk.

Kerja sama KGX-MNP

Inefisiensi yang terjadi di industri logistik dapat dikurangi dengan adanya kerja sama Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) atau link and match dengan institusi pendidikan. Salah satunya melalui poin kerja sama yang diinisiasi oleh MNP dan KGX, yakni di bidang riset dan pengembangan yang pada momen ini ditandatangani oleh Roy Anthonius selaku Direktur MNP dan Amelia Angelica selaku Direktur KGX.

“MNP memiliki visi yang berkaitan dengan creative technology. Saya percaya kreativitas bisa dikembangkan di luar bidang seni, salah satunya adalah di bidang e-Commerce Logistics. Politeknik fokusnya adalah di bidang terapan, kemampuan ini juga harus digabungan dengan literasi digital dan teknologi yang baik. Kami ingin kerja sama ini dapat menjadi pengembangan yang simultan baik bagi perusahaan maupun bagi kami sebagai institusi pendidikan, sehingga MNP bisa menerapkan teaching industry,” ujar Roy.

Kerja sama KGX-MNP

Hal tersebut sejalan dengan apa yang menjadi tujuan dari KGX, yakni siap untuk memberikan kontribusi bagi dunia logistik Indonesia dengan menawarkan pelanggan dan mitra beberapa keunggulan, seperti jaringan yang luas, harga yang kompetitif, dan memprioritaskan kualitas yang terbaik.

“KGX awalnya bukan sebagai perusahaan logistik, namun saat ini KGX sudah bisa catch up dengan perkembangan industri logistik. Dengan kerja sama ini, salah satu harapan kami adalah sumber daya manusia yang dipersiapkan oleh MNP dapat langsung siap menjadi profesional di bidang logistik, khususnya untuk menjadi tenaga kerja di KGX. Sehingga diharapkan lulusan MNP yang bekerja di KGX dapat mempercepat pertumbuhan perusahaan karena mereka sudah memahami penerapannya,” tambah Amelia.

Untuk memperkuat sinergi di masa depan, MNP dan KGX akan memperluas lingkup kerja sama agar dapat berkontribusi lebih dalam bagi kemajuan dunia logistik di Indonesia. Hal ini juga sekaligus bisa memperkuat posisi Program Studi e-Commerce Logistics MNP sebagai pendidikan vokasi yang mampu menyediakan tenaga kerja terampil, riset untuk pengembangan bisnis, dan memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Tinggalkan Komentar

*