02 Aug

Pakai Medsos Untuk Optimalkan Pemasaran


Perkembangan dunia digital mengubah cara manusia dalam melakukan proses transaksi jual-beli. Dahulu, untuk mendapatkan suatu barang, orang perlu datang ke satu tempat yang mempertemukan penjual dan pembeli, yaitu pasar.

Kemudian kembali berkembang menjadi pemasaran tradisional yaitu konsep pemasaran bisnis menggunakan media fisik untuk mengomunikasikan iklan yang akan disampaikan.

Hingga kini kembali berkembang menjadi pemasaran modern seiring hadirnya revolusi digital. Uniknya, semua konsep dan strategi pemasaran dari dulu hingga saat ini tak pernah ada yang benar-benar hilang atau saling menggantikan.

Pemasaran tradisional tetap dapat diterapkan di era modern. Artinya setiap konsep pemasaran memiliki targetnya masing-masing. Khusus melalui media digital saat semua kegiatan jual-beli lebih didominasi melalui online shop, setidaknya ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar pemasaran produk lebih optimal.

Pertama, pahami kebutuhan konsumen. Produk yang baik adalah produk yang solutif dan mampu menyelesaikan masalah konsumen. Kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu apa yang menjadi masalah utama di tengah masyarakat.

Ciptakan produk, hadirkan layanan, dan berikan penawaran-penawaran yang sesuai dengan kebutuhan konsumenmu.

Kedua, tentukan jenis media sosial. Meskipun berdasarkan laporan data Statista, Facebook merupakan media sosial yang memiliki pengguna aktif sebanyak 2,9 miliar di dunia, setiap media sosial memiliki keunikannya masing-masing.

Sebagaimana kita ketahui, kalau Youtube merupakan media sosial berbasis audio-visual, Instagram fokus pada visual, dan Twitter berbasis teks. Maka kamu harus tentukan platform apa yang cocok untuk memasarkan produkmu.

Ketiga, membuat konten yang dekat. Ketika sudah menentukan fokus platform media sosial yang akan digunakan, kamu harus membuat konten untuk menarik minat konsumen terhadap produkmu.

Buatlah konten-konten yang sangat dekat dengan kehidupan masyarakat, Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kedekatan emosi antara produsen dan pelanggan.

Terakhir, jalin interaksi dengan konsumen. Jangan membuat kesan adanya benteng pemisah antara produsen dan konsumen. Jalin komunikasi yang baik dengan konsumen untuk meyakinkan bahwa produk yang kamu jual di online shop akan sampai di tangan konsumen dengan cepat karena menggunakan jasa pengiriman yang tepat, seperti KGX.

Dengan begitu, konsumen akan percaya dan tidak meragukan kualitas produkmu. Sehingga produkmu akan menjadi pilihan utama dalam menghadirkan solusi bagi permasalahannya.

Nah, itu dia beberapa tips mengoptimalkan pemasaran melalui media sosial. Satu yang perlu diperhatikan bahwasannya perkembangan digital sangatlah unik, karena dinamika yang cepat, kamu harus sabar dan konsisten dalam memanfaatkan media sosial jika ingin produkmu menjadi top of mind di masyarakat.

Tinggalkan Komentar

*