21 Jun

KGX Siap Raih ISO 9001: 2015


Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa, menjadi sebuah keharusan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan. Hal itu disadari oleh KGX dengan meningkatkan kualitas operasional sesuai dengan standar yang berlaku.

 

ISO 9001 yang merupakan standar internasional dalam menetapkan persyaratan untuk Sistem Manajemen Mutu bagi perusahaan ataupun organisasi, dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1986 oleh Lembaga ISO (International Organization for Standardization).

 

Segala kebutuhan untuk mencapai Sertifikasi ISO 9001: 2015 pun disiapkan. Demi tercapainya hal tersebut, jajaran manajemen mengadakan acara sosialisasi kepada karyawan KGX di seluruh Indonesia agar memiliki satu visi yang sama dalam peningkatan kinerja.

 

Acara yang bertajuk “Kick Off ISO 9001: 2015 KGX” ini diselenggarakan secara Hybrid di area Open Space Head Office dan melalui Zoom Meting pada Jumat 17 Juni 2022. Selain Direktur KGX Amelia Angelica dan para General Manager, turut hadir pula Hari Susanto selaku Direktur Group of Manufacture (GoMan) Kompas Gramedia.

 

Dalam sambutannya Hari mengatakan bahwa sertifikasi ini merupakan bentuk kesiapan perusahaan dalam bersaing dengan kompetitor logistik lainnya dan menjadi batu loncatan untuk meningkatkan kualitas operasional.

 

“Kalau ada kompetitor yang posisinya ada di bawah kita, (sertifikasi) ini dapat menjaga supaya kita lebih kompetitif, sedangkan bagi kompetitor yang posisinya ada di atas, ini dapat meningkatkan (level) kompetisi kita terhadap mereka,” ucapnya.

 

Sejalan dengan Hari, Amelia juga meyakinkan kepada seluruh karyawan bahwa sertifikasi ini dapat diraih bukan hanya  oleh satu atau dua pihak saja, tetapi kesuksesan program ini adalah kerja bersama seluruh karyawan KGX se-Indonesia.

 

“Sejauh ini apa yang sudah kita lakukan sebenarnya sudah sesuai prosedur, harusnya dengan sertifikasi ini akan semakin memantapkan dan mengingatkan kalau ada yang belum sesuai prosedur, bisa kembali ke prosedur yang ditetapkan,” imbuhnya

 

Nugrahanto sebagai perwakilan dari GoMan dalam sesi sharing menjelaskan, bahwa sertifikasi ISO 9001: 2015 ini dipakai oleh seluruh organisasi atau perusahaan untuk menjamin kualitas mutu produksi dan jasa. Hanya saja ada beberapa fokus yang berbeda standardisasinya sesuai dengan bidang atau jenis usaha yang dijalankan.

 

“ISO 9001 merupakan integrasi antara sistem manajemen mutu dan sistem manajemen strategi sehingga diharapkan bisnis kita akan semakin sustain dan terus bertumbuh,” jelasnya.

 

Ia juga menekankan apa yang sebelumnya dikatakan oleh Direktur KGX bahwa sertifikasi ini dapat diraih dengan kerja bersama, bukan hanya segelintir pihak.

 

“Kalau kita melihat sistem apa pun, itu dapat berjalan dengan baik jika arahnya jelas dan kontrolnya baik, dan dapat terlaksana jika semua jajaran mulai dari atas sampai bawah terlibat dalam proses ini. ” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar

*